Pedas Membawa Nikmat

0
183
views

Asal – Usul

Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makan khas dari Sunda Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak adalah makanan khas Bandung, Jawa Barat. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Namun beberapa sumber menyebutkan seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Kerupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000 an. Seblak juga sudah ada di Daerah Cianjur bagian selatan sejak dari jaman sebelum kemerdekaan, makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Jenis-jenis seblak

  • Seblak kering (walaupun agak jarang ditemukan), adalak kerupuk pedas mirip dengan basreng
  • Seblak basah: seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak baso , seblak basreng ( baso goreng ) , seblak batagor , seblak aci , seblak kwetiaw , seblak siomay , seblak snack, seblak kikil, seblak siomay, dll.

Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Seblak

Itulah sekilas mengenai seblak menurut versi Wikipedia, kali ini kita akan mereview Seblak Jeletet Murni, berlokasi didaerah tanjung duren langsung di Google juga ketemu dan langsung diarahkan kelokasi nya oleh mbah Google, tempat ini buka dari siang pukul 13.00 sampai malam pukul 23.00, dengan berbagai topping dimulai dari harga Rp. 4000 an pertopping yang menggugah selera sampai kita bisa menelan air liur sendiri dibuatnya. Setibanya disana sang pelayan dengan cekatan langsung menawarkan daftar menu “mau level berapa pak” lalu saya menanyakan “ada dari level berapa mbak ?” dan si mbaknya menjawab “mulai dari level 1 sampai level 5”, sebelumnya sudah banyak yang meriview diyoutube jenis jajanan ini tidak sedikit yang merasakan kepedasan mulai dari level 3. Jadi kita memutuskan untuk mencoba level 1 saja. 

Kuahnya yang berwana merah dengan aroma cabe yang kuat langsung menggugah selera, pertama-tama langsung kita coba seruput kuahnya waw langsung menyengat rasa pedasnya namun semakin diseruput semakin ketagihan, akhirnya kita mulai dengan toppingnya. Dimulai dengan sosis, rasa sosis ini lumayan enak juga, selanjutnya kita mencoba ke topping yang lainnya bakso, telur dan kwitiaw semuanya terasa enak dilidah, tanpa terasa apa yang kita makan sudah habis semuanya tanpa tersisa, memang kuah seblak yang berwarna merah ini lah yang menjadi kunci semuanya dari Seblak Jelet Murni sehingga mau dicampur dengan jenis topping apapun nikmat rasanya.

LOCATION:

Jalan Tanjung Duren Utara IV No.55, RT.9/RW.3, Tanjung Duren Utara

Hraga : Mulai dari Rp.4000 an

Tel :  0899-4569-345

Jam buka : mulai dari pukul 14.00

LEAVE A REPLY