3 Cara Refleksi Diri Sederhana di Akhir Tahun

0
59
views

Sudah memasuki penghujung tahun 2018, tidak ada salahnya melakukan refleksi terhadap produktivitas diri sepanjang tahun ini. Sekaligus, mengukur sudah sejauh manakah kita melangkah sehingga kita bisa menentukan apa yang hendaknya menjadi sebuah resolusi untuk tahun 2019.

gambar : pixabay.com

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan refleksi. Dimulai dengan self evaluation atau evaluasi diri. Tidak perlu berpikir terlalu rumit, berikut ada cara sederhana yang bisa kita lakukan:

1. Bandingkan dengan Resolusi 2018

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melihat kembali pada resolusi tahun 2018. Apakah ada yang sudah terealisasikan atau belum? Atau malah melenceng dari apa yang semula direncanakan? Melihat kembali pada daftar resolusi 2018 bisa membantu mengevaluasi produktivitas kinerja

2. Membuat Kaleidoskop 2018

Mendengar kata “kaleidoskop” seringkali terasosiasikan dengan kejadian-kejadian menarik yang terjadi sepanjang tahun. Kita pun bisa melakukan hal ini dengan memberikan highlight pada setiap bulan, kejadian-kejadian apa yang sudah kita alami. Misalnya saja pada bulan Januari 2018, Anda mendapatkan promosi jabatan. Tulis semua highlight baik yang menggembirakan maupun yang kurang mengenakkan.

3. Tabel From – To

Tabel From – To biasanya identik dengan langkah-langkah dalam organisasi atau kerja tim. Tetapi, Anda pun bisa juga mengadaptasinya untuk melakukan evaluasi diri. Fokuskan diri pada hal yang belum Anda capai. Dengan begitu, Anda akan terbantu untuk membuat action plan untuk dilakukan di tahun 2019.

Dari tiga cara di atas, selanjutnya yakni memetakan mengapa kita bisa mencapai tahap itu atau gagal merealisasikan rencana tersebut. Anda bisa mulai menuliksan hal-hal apa yang membuat Anda berhasil dan apa yang tidak. Evaluasi diri sederhana tersebut bisa dijadikan bahan refleksi sejauh mana Anda sudah melangkah. Jangan-jangan Anda malah menemukan pola kerja yang cocok atau hobi dan bakat yang selama ini belum tereksplorasi dengan baik.

Selamat berefleksi!

sumber: rumahperubahan

LEAVE A REPLY